Dalam rangka untuk mewujudkan pelajar NU yang militan, terampil, tangguh, dan loyal terhadap organisasi. Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Boyolangu menginstruksikan Dewan Koordinasi Anak Cabang CBP KPP Boyolangu yang merupakan badan semi otonomnya untuk mengadakan Diklatama yaitu Pendidikan dan Latihan Pertama untuk anggota Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) pada tanggal 29 s/d 31 Desember 2017.

Pendidikan dan Latihan tersebut di Pusatkan di SDN 2 Pucungkidul. Mulai hari jumat pagi, peserta mulai berdatangan untuk registrasi di kesekretariatan kemudian dilanjutkan dengan cek peralatan peserta di lapangan yang di lakukan oleh korlap yaitu Komandan Kristia.

Ketua PAC IPNU Boyolangu Rekan Tri Abdul Rohman mengatakan, “peserta yang konfirmasi kepada pantia berjumlah 70 tetapi ketika hari pelaksanaan yang registrasi berjumlah 56. Peserta berasal boyolangu, luar boyolangu, bahkan luar kabupaten Tulungagung.”

Upacara Pembukaan dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB di Halaman SDN 2 Pucungkidul dalam keadaan cuaca gerimis. Yang bertugas menjadi komandan upacara yaitu Komandan Bahrul, ia dalam kepengurusan juga menjabat sebagai Komandan CBP. Pembina Upacara juga di Pimpin langung oleh Ketua PAC IPNU Boyolangu. Pembaitan dilaksanakan di Hutan Jati yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan sesudah caraka malam. Akhirnya, Upacara penutupan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 31 Agustus 2017 pukul 17.30 wib.

Pelaksanaan Diklatama ini bertujuan untuk membentuk mental dan fisik yang kuat untuk membentengi diri dari aliran-aliran islam yang berbeda haluan dengan Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Membentuk Karakter Pelajar NU yang militan, terampil, tangguh, dan loyal terhadap organisasi.

Semoga peserta dari Diklatama ini dapat mengemban amanah yang telah di berikan oleh para komandan, sekaligus lulusan Diklatama ini dapat mengikuti kejenjang selanjutnya yaitu Diklatmad.