Pada hari minggu (12/3), terlihat situasi yang berbeda di sekitar Masjid Miftahul Jannah Desa Ringinpitu. Nampak bendera hijau membentang di sekitar jalan menuju masjid tesebut. Nampak pula hiruk pikuk orang bersandang rapi mulai berdatangan di aula Masjid Miftahul Jannah. Di dalam aula masjid terdapat sebuah gambar dari sebuah proyektor yang bertuliskan Rapat Kerja PAC IPNU-IPPNU Kedungwaru atau yang biasa disebut RAKERANCAB.

Menurut salah seorang peserta yang berhasil kami wawancarai, yaitu ketua PAC IPPNU Kedungwaru bernama Ana Nur Cholifah mengungkapkan raker merupakan suatu kegiatan dimana akan terbentuknya program-program kerja yang digunakan sebagai acuan jalannya suatu organisasi.

Acara raker dimulai dengan pembukaan. Pembukaan dalam acara raker dipandu oleh rekanita  Ica dari Ranting Tunggulsari. Selanjutnya acara ini dibuka oleh pembina Dewan Pembina PAC IPNU Kedungwaru, Bapak M. Asadur Rofiq menyampaikan bahwa raker ini merupakan pondasi perjuangan PAC IPNU-IPPNU Kedungwaru.
Tepat pukul 09.00 WIB acara inti dimulai. Acara inti dipimpin oleh seorang moderator bernama Rekanita Novita dari Ranting Plosokandang dan didampingi Rekan Setiawan dan Rekanita Bilqis selaku Notulen. Sang moderator memberikan beberapa menit guna merencanakan kegiatan-kegiatan disetiap departemen sebelum mempresentasikan program kerjanya. Suasana yang sebelumnya tenang menjadi sedikit riuh namun serius mulai nampak di tiap departemennya.
Waktu beberapa menit telah selesai. Tiap departemen menyampaikan progam kerja dan penjelasannya lalu ditanggapi oleh Pengurus IPNU-IPPNU. Suasana yang sebelumnya sedikit tenang berubah menjadi ramai. Mulai nampak wajah-wajah pemikir sekaligus pejuang ditiap-tiap individunya. Adu argumen-pun tak terelakkan. Silih berganti saran, kritik, serta sanggahan terucap dimasing-masing pesertanya. Dan akhirnya tepat pukul 12.30 diskusi berakhir dan ditutup oleh Bapak Ridhoi selaku Dewan Pembina PAC IPNU Kedungwaru. (Herry Christiawan)

Salam Belajar, Berjuang, Bertaqwa