Penyusunan program kerja merupakan suatu agenda yang harus dilakukan untuk mempersiapkan Rapat Kerja kedua yang akan dilaksanakan oleh PC IPNU IPPNU Tulungagung pada tanggal 25 s/d 26 November 2017. Pada kali ini (20/11), sekitar Pukul 18.30 WIB penyusunan program kerja dilaksanakan oleh Departemen Organisasi dari PC IPNU IPPNU Tulungagung yang bertempat di depan Kantor PCNU Tulungagung. Rapat di hadiri langsung oleh Wakil Ketua PC IPNU IPPNU Tulungagung yang membidangi Departemen Organisasi yaitu Rekan Suwito dan Rekanita Devian Natalia. Juga Wakil Sekretaris serta anggota dari Departemen itu sendiri

Pembahasan pada kali ini lebih menitikberatkan pada tugas dan fungsi dari Departemen Organisasi. Bagaimana peran dari Departemen Organisasi dalam melaksanakan tugas melaksanakan kebijakan-kebijakan dalam hal keorganisasian. Evaluasi Kinerja dari anggota Departemen Organisasi selama menjabat tidak luput dalam pembahasan ini karena Evaluasi merupakan suatu langkah awal dalam penyusunan program kerja ini. Hasil Penelitian sementara dari Student Research Centre juga sebagai bahan pertimbangan dalam pembahasan ini.

Hasilnya, pengawalan pendampingan dan pembentukan PAC merupakan fokus utama dari program kerja. Karena terdapat beberapa PAC yang belum mengalami progres yang signifikan. Walaupun bisa di katakan ini bukan program kerja, tapi sebuah tugas dan kewajiban yang harus dijalankan.