Kampung Islam adalah sebuah event garapan IPNU IPPNU PAC Kauman. Rekan Maftuh Rizki sebagai ketua peanitia pada event yang dilaksanakan sejak hari Sabtu, 24 Desember 2016 sampai Senin, 26 Desember 2016 di SDN 3 Bolorejo, Kecamatan Kauman, Tulungagung.

“Event Kampung Islam adalah miniatur kampung bernafaskan islam aswaja” ujar Maftuh. Wujud dari miniatur kampung islam ini ada pada rangkaina acara yang disusun oleh panitia. Upacara pembukaan sebagai kegiatan pertama pada event ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 Desember 2016. Dilanjutkan dengan melestarikan budaya NU yaitu tahlilan. Budaya NU pada event ini lebih terasa saat lomba shalawatan antar madrasah diniyah digelar usai tahlilan pada hari yang sama.

Minggu, 25 Desember 2016 panita memiliki beberapa kegiatan dalam penyelenggaraan Kampung Islam. Dimulai usai shalat subuh, panitia menggelar kultum yang dilanjutkan dengan senam santri. Ada hal menarik dalam kegiatan awal di hari kedua pelaksanaan Kampung Islam yaitu kegiatan yang tidak hanya fokus pada bidang keagamaan melalui siraman rohani pada kegiatan kultum akan tetapi juga memperhatikan kesehatan jasmani melalui senam santri.

Kegiatan selanjutnya yaitu lomba-lomba yang dibagi menjadi dua jenis lomba. Pertama, lomba rohani seperti kaligrafi, cerdas cermat, pidato, tartil, dan mars IPNU IPPNU. “Peserta sangat antusias mengikuti lomba ini, mereka sangat bersemangat” pendapat Indah sebagai juri dalam lomba pidato. Lomba rohani yang diadakan di Kampung Islam adalah wadah untuk berkarya dan dapat dijadikan sarana melihat potensi peserta untuk dikembangkan lebih lanjut. Kedua, lomba jasmani yang terdiri dari memasukan pensil dalam botol, tarik tambang, dan balap kaarung. Pada lomba jasmani sangat terlihat keseruan peserta dalam mengikuti lomba ini. Tawa bahagian peserta, panitia, dan seluruh hadirin mengiringi lomba jasmani dari awal sampai akhir.

Kampung Islam ditutup dengan jalan sehat yang diikuti oleh anggota IPNU IPPNU PAC Kauman, masyarakat Kecamatan Kauman dan seluruh undangan. Dalam upacara penutupan yang diadakan pada Senin, 26 Desember 2016 di SDN 3 Bolorejo, Kecamatan Kauman, pihak panitia akan memberikan hadiah kepada para juara yang mengikuti lomba sebelumnya.

Dukungan pemerintah Kecamatan Kauman sangat membantu kelancaran kegiatan. Banyak bantuan yang telah diberikan pemerintah Kecamatan Kauman seperti perijinan, publikasi, dana, dan arahan untuk mensukseskan Kampung Islam

Kampung Islam patut dijadikan contoh oleh PAC yang lain dalam desain kegiatan. Panitia Kampung Islam mampu menyuguhkan kegiatan keagamaan yang dikemas menarik seperti menambahkan lomba jasmani  dan kegiatan olahraga lainnya agar event Kampung Islam lebih seru dan menyenangkan tanpa meninggalkan budaya Nahdatul Ulama’.