Melalui LAKUT (Latihan Kader Utama), para kader IPNU IPPNU digembleng untuk siap menjadi pengganti dan penerus perjuangan (Bangsa dan Nahdlatul Ulama).

.

Hal itu disampaikan oleh CO. Departemen Kaderisasi PW IPNU Jawa Timur, rekan Iqbal Hamdan Habibi, saat dihubungi via whatsapp pada Senin malam (22/07/2019).

.

“Kita (para peserta LAKUT) harus terbiasa dengan ketidak adaannya orang yang biasanya ada,” ungkap pemuda asal Ngunut Tulungagung yang akrab disapa Ibun itu dalam sambutannya pada pembukaan LAKUT, Kamis malam (18/07/2019) di Kantor Muslimat NU Wonodadi Blitar.

.

Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar, rekan Rijal Camelta, menyampaikan bahwa LAKUT merupakan jenjang kaderisasi formal tertinggi di tubuh organisasi IPNU IPPNU setelah jenjang MAKESTA dan LAKMUD. Rekanita Zulia, ketua PC IPPNU Kabupaten Blitar berharap, peserta dapat mengaplikasikan apa yang didapat dari LAKUT, mampu menjadi pemimpin, pemikir untuk IPNU IPPNU ke depannya, serta memperkuat dan mengembangkan kaderisasi di wilayahnya masing-masing.

.

LAKUT yang diadakan oleh PC IPNU IPPNU Kabupaten Blitar ini dilaksanakan selama 4 hari, yakni tanggal 18-21 Juli 2019 di LKSA Darul Aitam Wonodadi Blitar. Para peserta menerima beberapa materi yang meliputi penguatan ideologi, skill organisasi dan wawasan kekinian yang semuanya bertujuan untuk menyiapkan kader yang siap hidup mati di IPNU IPPNU sebagaimana disampaikan oleh salah satu pemateri.

.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh ketua panitia, rekan Muchammad Affan Abdul Aziz, Latihan Kader Utama 2019 PC IPNU IPPNU Kabupaten Blitar ini diikuti oleh 43 peserta yang mana 32 peserta berasal dari beberapa Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Blitar dan 11 peserta dari luar Kabupaten Blitar yakni, Tulungagung, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Kediri, Kota Mojokerto, Sumenep, Lamongan dan Kota Malang. Kegiatan yang dimulai Kamis sore ini ditutup pada Ahad sore.

.

Meskipun LAKUT sudah usai, para peserta masih mempunyai tugas Tindak Lanjut atau follow up. Bagi peserta internal Kabupaten Blitar, follow up yang harus diselesaikan adalah mendirikan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU di Kabupaten Blitar. Sementara untuk peserta eksternal Kabupaten Blitar adalah menjadi ketua panitia LAKMUD atau setidak-tidaknya MAKESTA di daerahnya masing-masing.(Zulfa DF, 23/07/2019)