Oleh : Rekanita Nurul

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Kata maulid berasal dari bahasa Arab yang berarti hari lahir. Maulid sendiri diperingati setiap tanggal 12 rabiul awal dalam kalender hijriyah. Perayaan maulid merupakan tradisi yang sudah berkembang dalam masyarakat Islam. Peringatan ini merupakan rasa sayang dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Pengurus ranting IPNU-IPPNU Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung pada tanggal 1 Desember 2017 atau lebih tepatnya 12 rabiul awal 1439 hijriyah mengadakan peringatan maulid Nabi di mushola Sholeh Solaiman Yakub, dengan serangkaian kegiatan perlombaan yang diikuti peserta seluruh TPQ Desa Ngepoh dengan jumlah peserta lomba sekitar 25 santri. Dimulai pukul 14.00-16.00 WIB.
Perlombaan meliputi lomba adzan, lomba tartil dan lomba kaligrafi. Peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba. Para Ustadz dan Ustadzah TPQ juga hadir untuk memberi semangat untuk peserta.

“Tujuan mengadakan perlombaan ini selain untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW juga bertujuan untuk menanamkan sifat-sifat Rasulullah kepada santri TPQ” penjelasan dari Rekan Kholis selaku ketua IPPNU ranting Ngepoh.

“Lomba ini juga bertujuan untuk memperkenalkan IPNU IPPNU di Ngepoh kepada masayarakat” laporan Rekanita Sulis selaku ketua IPPNU ranting Ngepoh kepada Rekanita Nurul, ketua PAC IPPNU Tanggunggunung.

IPNU IPPNU di desa Ngepoh masih belum genap berumur 1 tahun. Namun sudah mampu menjalankan kegiatan-kegiatan dengan baik. Tidak hanya peringatan maulid. Ada juga rutinan setiap 2 minggu sekali mengadakan yasin tahlil di masjid dan mushola desa Ngepoh secara bergantian (N/PPers).