Tulungagung (pcipnuippnutulungagung.co.id) – Setelah resmi terlantik bulan kemarin PAC IPNU-IPPNU Bandung yang di nahkodai oleh Rekan Zulfa Djulfikri dan Rekanita Sarirotul langsung gencarkan aksi kaderisasi tingkat bahwa. Diklat kaderisasi tingkat dasar yang di sebut dengan Makesta ini, kini diusung dengan metode baru. “dalam pelaksanaan makesta kali ini kami mengusung metode baru yang disebut dengan metode zona”, papar Zulfa.

Lebih lanjut Zulfa mengungkapkan bahwa metode zona ini adalah membagi satu kecamatan menjadi beberapa zona-zona tertentu. Yang mana setiap zona terdiri dari beberapa desa. Sedangkan untuk makesta saat ini adalah makesta zona timur yang terdiri desa Gandong, Kesambi, Suruhan Lor, dan Suruhan Kidul yang notabene adalah desa yang berada di daerah Timur Kecamatan Bandung.

Sebagaimana aturannya Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) ini juga dilaksanakan selama 2 hari sabtu-minggu (17-18/11/2018) yang bertempat di gedung LP Ma’arif NU Madin Ula Miftahul Huda Gandong Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 37 Pelajar dari Ranting-ranting zona Timur dan beberapa dari daerah lain.

Dalam konfirmasinya lebih lanjut terkait adanya zona pengkaderan, Rekan Zulfa Ketua PAC IPNU Kecamatan Bandung menjelaskan bahwa hal ini berangkat dari data adanya desa-desa yang belum mampu untuk mengadakan Makesta secara mandiri. “sehingga kami mengakomodir bermaksud memberikan support agar Ranting yang belum mandiri ini paling tidak punya anggota dan kader yang kelak bisa diajak memikirkan pengkaderan di desanya dan mengadakan Makesta mandiri nantinya” jelas rekan Zulfa.

Rekan Zulfa juga menjelaskan adanya zona ini juga sebagai media pembelajaran bagi ranting untuk menjadi panitia dalam sebuah acara khususnya pengkaderan di IPNU IPPNU.(Ibl)

Reporter: Iqbal (Ibl)
Editor: Markaban (Haban)