Tulungagung (pcipnu-ippnutulungagung.or.id) – Kongres IPNU tinggal beberapa minggu lagi oleh karena itu PW IPNU Jaw Timur mengadakan Rapat Pimpinan Wilayah atau yang biasa disebut dengan RAPIMWIL yang di hadiri oleh Ketua, Sekretaris, dan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PC IPNU se-Jwa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa tanggal 20 November 2018 bertempat di Aula Salsabila PWNU Jawa Timur Pukul 10.00 WIB.

Dalam RAPIMWIL ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan Kongres IPNU tentang Mekanisme, Pemberangkatan, Mengawal Aspirasi dari PC IPNU se Jawa Timur, Simulasi Kongres yang di bagi menjadi tiga tempat dan lain sebagainya.

Kongres IPNU merupakan forum musyawarah tertinggi dalam organisasi sekaligus program regenerasi organisasi secara terstruktur dan terpusat. Oleh karena itu berbagai dialektika yang menghasilkan rumusan-rumusan penting dalam menjalankan peran organisasi dan menjawab tantangan masa depan menjadi tanggung jawab bersama.

Sebuah konsep tentang nilai-nilai ke-Islaman dan kebangsaaan yang menjadi amanah Nahdlatul Ulama (NU) akan selalu menjadi dasar utama konsepsi ideologis gerakan dan sikap perjuangan IPNU, serta mengawal tujuan IPNU itu sendiri yaitu terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa, berilmu, berbudaya, berakhlak mulia, dan berwawasan kebangsaaan serta bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut paham Ahlussunnah wal Jama’ah dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Dalam sambutan Ketua PW IPNU Jawa Timur yaitu Rekan Choirul Mubtadiin menyatakan “Walaupun Surat Resmi dari PP IPNU belum turun, saya kemaren sebulum RAPIMWIL telfon dengan Ketum PP IPNU bahwa beliau berkata 90% tempat Kongres IPNU bertempat di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon Jawa Barat”. Dengan penyataan tersebut dapat disimpulkan bawa Kongres IPNU dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Desember di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon Jawa Barat. Beliau menyatakan juga bahwa kita khusunya PW IPNU dan PC IPNU se-Jawa Timur harus bisa mesukseskan agenda Kongres tersebut.

Pada simulasi Kongres yang dibagi menjadi tiga tempat yaitu Komisi PD PRT, Komisi GBPPP, dan Komisi Prinsip Perjuangan. Pada simulasi tersebut, Pengurus PW IPNU Jawa Timur yang menjadi Fasilitator menampung dan mendiskusikan segala permasalahan dan aspirasi dari PC IPNU se Jawa Timur agar bisa dibawa pada Kongres. (tar)

 

Reporter : Tri Abdul (tar)

Editor  : Nindi Ay (nay)