“Niatan yang baik dan Tekat yang bulat adalah kunci utama menggapai kesuksesan”. Wejangan inilah yang pas mungkin disandarkan untuk panitia pelaksanaan KONFERANCAP IPNU-IPPNU PAKEL dalam mensukseskan acaranya kali ini. Acara yang tepatnya di selenggarakan tepat pada tanggal 16 April 2017 bertepatan dengan hari ahad. Acara tersebut bertempat di MI Al-Falah desa ngebong kecamatan pakel.

Kesuksesan yang di maksud disini adalah tercapainya tujuan dari Konferancab tersebut dengan kegiatan yang lancar dan aman. Meskipun untuk mencapai tujuan tersebut panitia harus bekerja keras tidak hanya membanting tulang, namun juga memeras otak secara maksimal. Kesuksesan acara konferancab kali ini juga dapat di ukur dari jumlah peserta yang hadir sudah memenuhi target. Dari 19 desa yang telah diundang, telah hadir sekitar 80 persennya. Peserta diambilkan dari setiap desa yang kita tembusi lewat muslimat dan ketua NU ranting untuk mendelegasikan calon kader IPNU sebanyak 2 anak, dan kader IPPNU sebanyak 2 anak. Tembusan tersebut dijadikan sebagai inisiatif untuk memudahkan perekrutan kader calon pengurus baru. Hal tersebut karena melihat kondisi IPNU-IPPNU di tataran Anak Cabang yang mengalami pasif selama kurang lebih selama 1 tahun. Sehingga kondisi itulah yang mengakibatkan kepasifan juga dikalangan desa untuk mendirikan ranting IPNU IPPNU. Maka dari itu jalan yang terbaik untuk mencari bibit-bibit kader baru adalah melewati banom-banom di atasnya dan tanfidziah sekaligus syuriahnya.

Selain dari peserta sendiri acara konferancab kali ini juga dihadiri oleh Rais Syuriah NU pakel beliau adalah Bapak KH. Dawamuddin. Kemudian juga di hadiri oleh Ketua MWC NU Pakel Bapak Imam Muslim beserta rekannya. Lalu juga di hadiri oleh banom-banom lainnya seperti Ketua PAC Ansor Pakel (Bapak Muslikh), Ketua KNPI yang di wakili oleh (Bapak Nasir), Ketua PAC Muslimat Pakel, Ketua PAC Fatayat Pakel, Ketua NU Ranting Sodo, Ketua PAC IPNU-IPPNU Bandung bersama dengan rekan-rekanitanya, dan yang terakhir PC NU Tulungagagung sebagai undangan sekaligus pemimpin sidangnya. Yang kemudian juga di tutup oleh Ketua PC Tulungagung yaitu Rekan Haris yang telah hadir hampir di penghujung acara. Hal tersebut karena adanya benturan acara yang lain di empat tempat yang berbeda di wilayah Tulungagung.

Acara konferancab kali ini tidak berbeda dengan acara konferancab pada umumnya. Di mulai dari upacara pembukaan yang berisi beberapa susunan acara. Diantaranya pembukaan upacara yang di awali dengan bacaan ummul kitab oleh MC rekanita Ika (desa duwet) dan Isna A’yunin (desa sukoanyar). Kemudian di susul pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh rekanita Yeta Fredela Ainsa (desa Sambitan). Diteruskan menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars IPNU-IPPNU, dan Syubbanul Wathon yang di pandu oleh rekanita Qoim (desa Pakel). Kemudian laporan ketua panitia yang menempati acara yang ketiga disampaikan oleh rekan Galih (desa Sukoanyar).

Memasuki acara sambutan-sambutan telah terjadi sdikit gendala. Dari rencana semula acara sambutan ini akan di isi mulai dari sambutan ketua PAC IPNU IPPNU Pakel, Ketua PC IPNU-IPPNU Tulungagung, MWC NU Pakel, dan di Buka Oleh Camat Pakel. Namun karena terjadi gendala seperti belum bisa hadirnya camat pakel karena adanya kegiatan lain di luar kota. Belom hadirnya MWC NU dan Syuriah NU pakel ketika acara. Sehingga mengakibatkan panitia acara untuk merubah susunan acara sambutannya. Dari yang semula tersebut menjadi Sambutan Ketua PAC IPNU-IPPNU Pakel (Rekan Nasikhul Ibad, S.Pd), sambutan dari PC IPNU-IPPNU Tulungagung (Rekan Suwito Wakil Ketua Bidang Organisasi), Sambutan Bapak Kepala Desa Ngebong (Bapak Rohmat), MWC NU Pakel yang di wakili oleh Bapak KH. Nur Hadi. Kemudian untuk acara penutupan upacara di tutup dengan doa yang di sampaikan oleh Bapak Kyai Ismail sebagai ketua NU Ranting Sodo.

Setelah acara upacara pembukaan selesai masuklah pada acara Inti atau acara konferancabnya. Acara ini di pimpin langsung dari Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Tulungagung. Diantaranya Rekan Suwito (Wakil Ketua Bidang Organisasi), Rekan Tri Abdurrahman (Wakil Sekretaris Bidang Organisasi), Rekanita Devian Natalia (Wakil Ketua Bidang Organisasi), dan Rekanita Eni (Komandan DKC KPP Tulungagung).

Melihat kondisi pakel yang masih membibit keorganisasian IPNU-IPPNU maka kegiatan konferancab kali ini tidak di lakukan secara tekstual aturan sebenarnya. Namun dengan menyesuaikan kondisi tanpa meninggalkan intinya. Sehingga tahapan-tahapannya di mulai dengan pembukaan, laporan pertanggung jawaban pengurus, pandangan umum, prosesi domisioner, prosesi pencalonan calon ketua IPNU-IPPNU Anak Cabang Pakel, kemudian Penutup.

Dari Hasil Konferancab kali ini telah terpilih Rekan Markaban (Desa Sukoanyar) sebagai Ketua IPNU Anak Cabang Pakel. Dan Rekanita Nurmarita Indrawati atau biasa di sapa Aurora Virginia (Desa Sambitan). Sebagaimana sedikit mengutip dari cuplikan sambutannya ketua terpilh. Harapannya kedepan IPNU-IPPNU Anak Cabang pakel adalah sebagai wadah guna tempat belajar dan berjuang sebagai bekal di masa yang akan datang. Salah satu proyeksinya kedepan di targetkan untuk menghidupkan wadah-wadah yang lainnya di tingkatan ranting-ranting di seluruh desa sekecamatan pakel.