Tulungagung, 24 Desember 2016
Eksistensi IPNU-IPPNU sebagai organisasi kepelajaran semakin menunjukkan kiprahnya. Kali ini PAC IPNU-IPPNU Kalidawir yang mengajak kadernya untuk sadar dan peduli lingkungan dengan membuat program Bhakti Alam. Program ini merupakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) bagi kader baru setelah dinyatakan lulus proses jenjang kaderisasi MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) yang telah diselenggarakan bulan Oktober lalu. Agenda perdana dilakukan pada Sabtu (24 /12) di kawasan sumber mata air Ngumbul, desa Joho, kec. Kalidawir, kab. Tulungagung.

“Kegiatan ini adalah jenjang lanjutan yang kami desain untuk kader baru, tujuan utama kegiatan ini adalah kami berusaha mengajak kader IPNU-IPPNU untuk belajar dan kenal dengan isu-isu sosial yang ada terutama isu lingkungan. Harapannya, kader kita akan menjadi peka terhadap kondisi sekitar dan mampu menghadirkan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat.” Terang rekan Adib Hasani (ketua PAC IPNU Kalidawir).

Acara ini diikuti oleh 30 peserta terdiri dari PAC IPNU-IPPNU Kalidawir, Leshutama, dan Redirect Indonesia. Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian materi dan isu-isu tentang lingkungan oleh Pak Abdul Mukhosis (ketua Leshutama & Pemuda Pelopor Kab. Tulungagung bidang lingkungan). Selanjutnya, acara ditutup dengan bakti sosial dengan membersihkan sampah yang menyumbat dan maintenance sumber mata air Ngumbul.

“Kec. Kalidawir adalah kecamatan air, kita punya sumber air yang melimpah ruah. Tetapi sayang, sumber mata air tersebut tidak dikelola dengan baik malah justru dibiarkan dan dirusak dengan membuang sampah tepat di pusat mata air tersebut. Kita bisa melihat sampah plastik dimana-mana yang rata-rata adalah bungkus deterjen. Apabila tidak segera diambil tindakan, hal ini akan menjadi masalah baru bagi stok cadangan dan kualitas air kita.” Pungkas Abdul Mukhosis.

Program ini adalah program tahap awal, program bhakti alam semacam ini akan dilakukan secara berkelanjutan untuk memonitoring sumber mata air yang ada. Kedepannya, program akan dilaksanakan tidak hanya diikuti oleh kader saja tetapi akan diperluas dengan melibatkan pemuda dari berbagai elemen dan tentunya masyarakat luas. Masyarakat akan diikutsertakan dan diberikan penyadaran dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sumber mata air. Program-program penunjang lainnya akan dilakukan guna melindungi sumber mata air yang ada di kecamatan Kalidawir (Ikbar Al Asyari).