Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H merupakan kegiatan yang rutin setiap tahun di lakukan oleh warga nahdliyin. Pada hari sabtu (24/12) sekitar Pukul 19.00 WIB, Pelajar NU di tiga Desa di tiga Kecamatan yang berbeda melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H di sertai dengan Pelantikan Pengurus Ranting. Lokasi di tiga Desa/Ranting yaitu Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Bukur di Masjid Nuril Akhyar Kecamatan Sumbergempol, Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Kalirejo di Masjid Al-Ikhlas Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung, dan Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Rejotangan di Mushola Nurul Ihsan Kecamatan Rejotangan. Ketiga Desa/Ranting tersebut melaksanakan kegiatan di lakukan di tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Pra Acara di iringi oleh Grup Sholawat oleh masing-masing pengurus ranting. Pembukaan di mulai sekitar pukul 19.30 WIB yang masing-masing Ranting di hadiri oleh jajaran Pemerintah Desa dan Pengurus NU Ranting di masing-masing desa serta Pengurus PAC di masing-masing kecamatan begitu juga Pengurus PC IPNU IPPNU Tulungagung yang bertugas melantik dan membacakan Surat Pengesahan. Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Bukur di hadiri oleh Rekan Moh Syaiful Arif (Sekretaris PC IPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekan Muhsin (Anggota Departemen Organisasi PC IPNU Tulungagung) pembaca Surat Pengesahan kemudian Rekanita Devian Natalia (Waka Organisasi PC IPPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekanita Miftahatus Sa’diyah (Anggota Departemen Kaderisasi) pembaca Surat Pengesahan. Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Kalirejo di hadiri oleh Rekan Haris Wahyu Malindo (Ketua PC IPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekan Kholiq (Waka Kaderisasi PC IPNU Tulungagung) pembaca Surat Pengesahan kemudian Rekan Vivin Febria (Waka Dakwah PC IPPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekanita Eni Barokatut Toyyibah (Komandan DKC KPP Tulungagung) pembaca Surat Pengesahan. Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Rejotangan di hadiri oleh Rekan Wahyu Suwito (Waka Organisasi PC IPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekan Ihsan (Anggota Departemen Organisasi PC IPNU Tulungagung) pembaca Surat Pengesahan kemudian Rekanita Findra Lestari (Wakil Bendahara II PC IPPNU Tulungagung) bagian melantik dan Rekanita Santi Septiana Maulidiyah (Wakil Bendahara I PC IPPNU Tulungagung) pembaca Surat Pengesahan.

Kegiatan tersebut di hadiri kurang lebih seratus orang dari berbagai elemen masyarakat dan pengurus ranting IPNU dan IPPNU yang ada di masing-masing Kecamatan. Dalam sambutannya pengurus ranting Pengurus NU Ranting sangat mengapresiasi betul atas kinerja dan usaha rekan rekanita pengurus baru yang notabene usianya masih sangat muda – muda ini. Beliau berpesan agar IPNU IPPNU dijadikan wadah untuk membentengi dari terorisme yang marak hari ini, bahwa kita selaku umat muslim wabil khusus warga NU dimanapun kita berada senantiasa melestarikan amaliyah-amaliyah serta tradisi-tradisi Aswaja an Nahdliyyah. Di bulan Rabi’ul Awwal dimana bulan Beliau Nabi Muhammad SAW dilahirkan semoga pengurus yang terlantik dapat meneladani akhlaqul karimah Beliau dan mendapat barokah Syafa’at Rasulullah SAW”.