Hari Pahlawan merupakan hari peringatan yang setiap tahunnya dilaksanakan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah bertempur melawan tentara Britania Raya dan Belanda pada tanggal 10 Nopember 1945 di Surabaya. Peperangan ini juga termasuk dalam Revolusi Nasional Indonesia, yang merupakan sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia yang baru lahir melawan Kerajaan Belanda yang dibantu oleh pihak Sekutu, diwakili oleh Inggris. Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949. Meskipun demikian, gerakan revolusi itu sendiri telah dimulai pada tahun 1908, yang saat ini diperingati sebagai tahun dimulainya kebangkitan nasional Indonesia.

Hari jumat (10/11), telah dilaksanakan mulai Pukul 07.30 WIB yaitu upacara untuk memperingati hari pahlawan di halaman Kantor Bupati Tulungagung. Telah hadir sebagai Peserta Upacara dari TNI, POLRI, Guru, KNPI, Siswa, Mahasiswa, dan OKP se Tulungagung, sebagai tamu Undangan yaitu dari FORKOPIMDA, Pejabat Pemerintahan Daerah, Tokoh Masyarakat dari Organisasi Keagamaan dan lain sebagainya.

Wakil Bupati Tulungagung Bapak Drs. Maryoto Birowo, MM sebagai Inspektur Upacara Menyampikan dalam amanatnya “Perkokoh persatuan dalam membangun Negeri”. Hal ini dapat kita simpulkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus tetap memperkokoh persatuan dengan semangat kebangsaan dengan bersama-sama membangun Negeri kita yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.