Era New Normal telah ditetapkan pemerintah beriringan dengan tahun ajaran baru 2020/2021. Kemarin, Senin (13/7), PC IPNU IPPNU Tulungagung berkerjasama dengan PC Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Tulungagung menggelar Masa Orientasi Pelajar (MOP).

“Kami telah sampaikan teknis MOP Daring kepada seluruh kepala sekolah dan madrasah yang ada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Tulungagung,” kata Mauludin Qoironi, Senin (13/7).   Ketua PC IPNU Tulungagung ini menjelaskan bahwa MOP Daring diadakan untuk orientasi siswa baru Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah sederajat selama masa pandemi.

Teknisnya, PC IPNU IPPNU Tulungagung menawarkan Tiga Menu disesuaikan dengan keadaan lingkungan Lembaga Sekolah yang bersangkutan. “Menu A, MOP dilakukan secara Daring untuk sekolah yang berada di Zona Merah. Menu B, MOP dilakukan dengan sistem tatap muka untuk sekola yang berada di Zona Hijau. Dan Menu C, MOP dilakukan oleh lembaga secara mandiri untuk lembaga sekolah yang sudah mandiri,” kata Puspita, Wakil Ketua Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren PC IPPNU Tulungagung.

Ada 12 sekolah dan madrasah yang ada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Tulungagung memilih menu Daring.   “MOP Daring ini memanfaatkan aplikasi grup WhatsApp,” jelas Mei Rahayu sebagai koordinator pelaksana MOP.   Mei menyebutkan bahwa PC IPNU IPPNU Tulungagung mengirimkan tim khusus ke sekolah dan madrasah untuk memandu mendampingi berjalannya MOP yang dilaksanakan dalam grup WhatsApp di setiap kelas.

Setiap siswa akan melakukan absen dengan cara berfoto menggunakan seragam sekolah lengkap. “Nanti tim dari PC IPNU IPPNU Tulungagung akan memberikan satu paket materi, berupa Pre Test, Post Test, Power Point Materi, Video, dan Poster materi yang telah didesain cukup menarik,” terang Mei.  

Setelah Pre Test selesai, Tim PC IPNU IPPNU memilih Video Call secara acak kepada peserta guna memantau dan memastikan semua siswa menyimak materi yang dengan baik. Meski dilakukan secara Daring, tim PC IPNU IPPNU Tulungagung tetap memberikan penugasan kepada siswa.  

Bapak ibu guru sangat berharap walaupun program MOP Daring ini tidak akan mengurangi nilai MOP yang sesungguhnya. “PC IPNU IPPNU Tulungagung memiliki teknik MOP Daring yang sangat membantu sekolah kami. Siswa kami juga tertarik mengikuti MOP Daring bersama PC IPNU IPPNU Tulungagung,” ujar Itma Waridatul Qalim, Guru SMP IT Tahfidzil Qur’an Sumbergempol Tulungagung.  

Mauludin berharap siswa baru yang mengikuti MOP Daring dari PC IPNU IPPNU Tulungagung bisa mengikuti dan paham tentang semua materi yang diberikan oleh tim.

Kontributor : Abdul Aziz / Departemen JSP PC IPNU Tulungagung

Editor : Tri Abdul Rohman / Sekretaris PC IPNU Tulungagung