Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Tulungagung dengan diprakarsai Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) dan Lembaga Web dan Kominfo (LWK) berhasil menerbitkan sebuah karya tulis berbentuk buku antologi untuk pertama kalinya.

“Pentingnya penerbitan buku (antologi) ini dikarenakan salah satunya yaitu terkait dengan menggugah semangat literasi khususnya pelajar NU yang ada di Tulungagung, wabil khusus lagi seluruh pengurus dan kader PC IPNU IPPNU Tulungagung,” ungkap ketua PC IPNU Tulungagung, Mauludin Qoironi, Kamis (23/7).

Hal itu diamini oleh Direktur LPP PC IPNU Tulungagung Zulfa Djulfikri sebagaimana keterangan yang ia sampaikan pada Kamis (23/7). Menurutnya, program penerbitan buku yang berjudul Aku dan IPNU IPPNU, Buku Antologi Part 1 tersebut menjadi program prioritas LPP mengingat sebelumnya PC IPNU IPPNU Tulungagung belum pernah menerbitkan buku antologi hasil karya pelajar NU Tulungagung.

“Kami beri embel-embel part 1 karena harapannya buku ini bisa menjadi stimulus untuk terbitnya buku-buku yang lain hasil karya pelajar NU Tulungagung dengan gagasan-gagasan yang lebih segar dan mendalam,” imbuh pelajar asal Kecamatan Bandung itu.

Mahasiswa IAIN Tulungagung jurusan Tadris Bahasa Inggris itu menegaskan, penerbitan buku tersebut merupakan langkah berat dan berani yang harus LPP dan LWK ambil mengingat gairah literasi di PC IPNU dan PC IPPNU Tulungagung masih terbilang kurang begitu memuaskan. LPP dan LWK ingin di periode kepengurusan ini (masa khidmat 2018-2020) harus ada legacy; warisan yang bisa memicu semangat kepengurusan selanjutnya.

Buku hasil karya Pelajar NU Tulungagung tersebut tersedia di beberapa lapak belanja daring, seperti Shopee dan Tokopedia.

Kontributor: Zulfa Djulfikri