Melalui kegiatan Call of GreenesAction, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Boyolangu mengajak pelajar di Kecamatan Boyolangu untuk sadar akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

“Harapannya, pelajar-pelajar di Boyolangu khususnya, sadar bahwa kepedulian lingkungan itu penting. Soalnya pun kalau dilihat penduduknya, Kecamatan Boyolangu kan juga bisa dikatakan kecamatan yg padat penduduk, tapi untuk penghijauannya itu masih kurang. Ya meskipun ada beberapa desa yg sudah dapat dikatakan desa hijau tapi kan kalau hanya beberapa desa saja tidak ada pemerataannya,” ungkap Steering Committee (SC) kegiatan, Dian Khofifah pada Rabu (13/01/2021).

Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Tulungagung itu menceritakan bahwa kegiatan panggilan untuk aksi penghijauan yang panitia konsep merupakan kegiatan yang cocok di tengah pandemi. Pasalnya, momennya juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Nasional yang diperingati pada tanggal 10 Januari.

Kegiatannya tidak hanya aksi penghijauan atau tanam pohon (green mission), lanjut Dian, tetapi juga ada lomba fotografi dengan judul motret alam dan webinar yang menghadirkan narasumber dari Komunitas Pecinta Alam Semesta (KOMPAS) Kabupaten Tulungagung Hendri Susilo, S.Pd dan ketua Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Gunung Budeg Desa Tanggung Agus Utomo, S.Kep. Nes.

Dian menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara luring (luar jaringan) hanyalah green mission saja. Bibit pohon yang ditanam terdiri dari nangka, sirkaya, jambu dan kelengkeng. Harapannya, Rekan Rekanita Pimpinan Ranting bisa merawat sebaik mungkin tanaman tersebut dan apabila nanti berbuah bisa menjadi asetnya Pimpinan Ranting. Dalam kegiatan penanaman pohon ini, PAC IPNU IPPNU Boyolongu menggandeng Dinas Kehutanan setempat.

“Untuk tempat penanamannya itu di sekretariat masing-masing—di mushola, masjid, madrasah—ataupun kalau di sekretariat tidak memungkinkan bisa di lokasi yg mudah untuk dijangkau. Soalnya, baik dari pihak PAC ataupun pembina berpesan untuk tetap menjaga dan merawat tanaman tersebut. Jadi, ya ditanamnya di area yg sekiranya dari Pimpinan Ranting itu bisa ngrumat tanaman itu,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan Call of GreenesAction ini, jelas Dian, berlangsung selama sepuluh hari, yaitu tanggal 1-10 Januari 2021. Dimulai tanggal 1 Januari dengan pendaftaran lomba dan webinar. Tanggal 2 dilakukan pembagian bibit pohon di gedung NU Serut. Selanjutnya pada tanggal 3-6 Januari, pengurus PAC meninjau dan mendampingi lokasi penanaman bibit pohon yang ada Pimpinan Ranting. Kemudian pada tanggal 7 Januari, pendaftaran lomba dan webinar ditutup sekaligus aksi meramaikan media sosial dengan upload twibbon dokumentasi kegiatan green mission serentak di instagram. Tanggal 8 Januari dilaksanakan webinar yang diikuti anggota Pimpinan Ranting dan pelajar sekolah yg ada di Kecamatan Boyolangu. Terakhir, tanggal 10 Januari panitia mengumumkan hasil lomba motret alam.

Ketua PAC IPNU Boyolangu Irwan Setiawan mengungkapkan bahwa kegiatan peduli lingkungan hidup ini begitu menarik. “Yang mana di masa sekarang ini menjaga keseimbangan alam adalah tugas dan kewajiban kita semua. Kita diingatkan sebagai generasi penerus untuk selalu menjaga dan melindungi kelestarian alam demi masa depan,” tegasnya.

Pewarta: Zulfa Djulfikri